Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) KH Maimun Zubair atau Mbah Moen angkat bicara soal penangkapan dan kedudukan tersangka suap terhadap Ketum PPP Romahurmuziy oleh KPK. Menurutnya, proses hukum harus dihormati.

“Itu hal KPK dan terdapat tindakan tentu ada formalitas hukum. Kita mesti memuliakan hukum. Tapi anda punya partai mesti diselamatkan,” kata Mbah Moen di kantor DPP PPP, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3).

“Saya meski bagaimana juga saya datang hendak ada kemaslahatan dan proses hukum ialah hukum. Hukum untuk sebuah kewajiban untuk siapapun sebagai bangsa Indonesia,” sambungnya.

Berdasarkan keterangan dari Mbah Moen permasalahan Rommy adalahujian dari Tuhan. Dia memandang, Sang Pencipta kadang menyerahkan ujian yang tak terduga.

“Ini ujian ya sama dengan suasana sekarang. Kan enggak ada bentrokan antara umat Islam dengan nonmuslim. Tapi sesama Islam sendiri kadang terdapat perselisihan. Itu memang Allah menguji dan menciptakan,” terangnya.

Ulama asal Jawa Tengah tersebut menuturkan, bahwa Yang Maha Kuasa menata umatnya tanpa pandang golongan. Hal ini dia kaitkan laksana Ketum PPP sebelumnya yaitu Surya Dharma Ali (SDA) yang pun terlibat permasalahan korupsi sebelumnya dan meringkuk di penjara.

“Mengapa dulu Pak SDA kemudian terjadi lagi, saya kecewa tapi tersebut takdir Allah,” kata Mbah Moen.